Just the way I am

Foto saya
Depok, West Java, Indonesia
Keyakinan... mengalahkan kehebatan akal. asal tau, siapa DIA yang diyakini. Mencintai keyakinan jauh lebih sulit daripada mencintai seorang manusia

Universitas Gunadarma

Studentsite Gunadarma

Senin, 15 September 2008

Grafik komputer


Grafik komputer adalah salah satu cabang disiplin ilmu informatika yang mempelajari pembuatan gambar dengan menggunakan komputer. Perbedaan antara grafik komputer dengan pengolahan citra adalah dalam pengolahan citra, gambar input kedalam proses pengolahan citra sudah tersedia, sedangkan pada grafik komputer dilakukan proses untuk menciptakan gambar dari awal.

Grafik komputer adalah ilmu yang sangat cepat berkembang pada saat ini. Perkembangan ini didukung oleh munculnya prosesor-proseor komputer yang cepat dan kartu grafik yang semakin canggih dan hebat.

Grafik komputer banyak dipakai dalam bidang permainan komputer.

Grafik 2 Dimensi

Grafik 2 Dimensi merupakan teknik penggambaran pada layar (monitor) dengan berpatokan pada titik koordinat sumbu x (datar) dan sumbu y (tegak). Pada monitor komputer, koordinat tersebut dihitung mulai dari sudut kiri atas layar. Semakin ke kanan, nilai koordinat x semakin bertambah. Semakin ke bawah, nilai koordinat y semakin bertambah. Besarnya nilai koordinat ini dihitung dalam satuan pixel.

Agar dapat tampil dengan sempurna, gambar yang akan ditampilkan dengan teknik ini harus memiliki nilai koordinat x dan y minimum 0 dan maksimum sebesar resolusi yang digunakan.

Grafik 3 Dimensi

Engine 3D yang biasa dipakai:


SDL

SDL (Simple Media Layer) adalah library pemrograman untuk membuat aplikasi multimedia di berbagai sistem operasi. Dengan menggunakan SDL, programmer dapat mengakses layar, suara, papan ketik, joystick, hardware 3D dan 2D framebuffer dengan menggunakan cara yang sama di berbagai sistem operasi. Kelebihan lain dari SDL adalah dapat digunakan dengan berbagai bahasa pemrograman.

Sejarah

SDL pertama kali ditulis oleh Sam Lantinga pada tahun 1998. Sam menulis SDL karna dia hendak membuat permainan komputer yang dapat berjalan di Windows dan Macintosh. Setelah beberapa game dibuat oleh Sam, Sam kemudian menulis SDL untuk sistem operasi lain seperti BeOS dan Linux. Hal ini disebabkan Sam ingin menjalankan permainan komputer Doom di berbagai macam sistem operasi.

Setelah itu SDL menjadi populer terutama di kalangan programmer Linux. Saat ini SDL adalah salah satu modul utama dalam distribusi Linux.

DirectX


DirectX adalah kumpulan API untuk menangani berbagai tugas dalam pemrograman multimedia khususnya permainan komputer dalam sistem operasi Microsoft Windows. DirectX SDK dapat diperoleh secara cuma-cuma dari Microsoft. Versi terbaru untuk Windows vista yang di luncurkan sekitar bulan januari 2007 adalah DirectX 10

OpenGL

OpenGL (Open Graphics Library) is the computer industry's standard application program interface ( API ) for defining 2-D and 3-D graphic images. Prior to OpenGL, any company developing a graphical application typically had to rewrite the graphics part of it for each operating system platform and had to be cognizant of the graphics hardware as well. With OpenGL, an application can create the same effects in any operating system using any OpenGL-adhering graphics adapter.

OpenGL specifies a set of "commands" or immediately executed functions. Each command directs a drawing action or causes special effects. A list of these commands can be created for repetitive effects. OpenGL is independent of the windowing characteristics of each operating system, but provides special "glue" routines for each operating system that enable OpenGL to work in that system's windowing environment. OpenGL comes with a large number of built-in capabilities requestable through the API. These include hidden surface removal, alpha blending (transparency), antialiasing , texture mapping, pixel operations, viewing and modeling transformations, and atmospheric effects (fog, smoke, and haze).

Silicon Graphics, makers of advanced graphics workstation s, initiated the development of OpenGL. Other companies on the industry-wide Architecture Review Board include DEC, Intel, IBM, Microsoft, and Sun Microsystems. There is no cost (other than learning) to developing an application using the OpenGL API. Microsoft offers free downloads of the OpenGL libraries for its Windows systems. Although OpenGL is not itself a development "toolkit," such toolkits are available, including Silicon Graphics object-oriented programming 3D graphics toolkit, Open Inventor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Woro-woro...
share ilmu, komentar, dan opini kamu
above line....

Kondisi Indonesia sekarang