Just the way I am

Foto saya
Depok, West Java, Indonesia
Keyakinan... mengalahkan kehebatan akal. asal tau, siapa DIA yang diyakini. Mencintai keyakinan jauh lebih sulit daripada mencintai seorang manusia

Universitas Gunadarma

Studentsite Gunadarma

Loading...

Sabtu, 21 November 2009

MIDDLEWARE TELEMATIKA, OSGI,JCP/AMI-C





Middleware

Secara umum Middleware merupakan software yang menyambungkan komponen dan atau aplikasi guna mendukung operasional aplikasi dalam lingkungan jaringan terdistribusi, termasuk web servers, application servers, content management systems, dan perkakas sejenis yang menopang pengembangan. Middleware terutama merupakan bagian dari basis informatika moderen untuk XML, SOAP, Web services dan service-oriented architecture lainnya.

Middleware pada prinsipnya adalah teknologi yang mengintegrasikan dua atau lebih software aplikasi atau lapisan antara sistem operasi dan aplikasi untuk memungkinkan pertukaran data.

Elemen-elemen pada middleware terdiri dari :

*

Keamanan (security)
*

Pengelolaan sumber daya (resource management)
*

Pengelolaan data (data management)
*

Layanan informasi (information services)

Sedangkan utuk solusi bagi middleware yang telah tersedia, di antaranya adalah

*

Globus Toolkit (Argonne+ISI)
*

LCG/Glite (dari proyek Uni Eropa)
*

Gridbus (Melbourne, Australia)
*

Unicore… (Jerman)
*

Dan masih banyak lainnya…

Middleware mempunyai beberapa fungsi diantaranya middleware dapat

menyediakan lingkungan pemrograman aplikasi baik secara sederhana maupun aplikasi yang umum. Jika dilihat dari lingkungan pemrograman aplikasi sederhana middleware dapat menyembunyikan penggunaan secara detail pelayanan-pelayanan yang ada pada sistem operasi. Sedangkan pada aplikasi yang umum, middleware yang mencakup berbagai komputer dan sistem operasi. Selain itu middleware juga dapat mengisi kekurangan antara sistem operasi dengan aplikasi, misalnya saja dalam hal networking, security, database, user interface, dan system administration.

Database middleware yang paling umum digunakan adalah ODBC (Open DataBase Connectivity). Keterbatasan ODBC adalah bahwa middleware ini didisain untuk bekerja pada tipe penyimpanan relational database.

Database middleware yang lain, yang merupakan superset daripada ODBC adalah OLEDB. OLEDB bisa mengakses hampir segala macam bentuk database, dan karenanya Microsoft mengklaim OLEDB sebagai Universal Data Access Interface yang kedua.

Beberapa produk database middleware yang bisa disebutkan di sini adalah Oracle’s DB Integrator (previously DIGITAL’s DB Integrator), Sybase’s Omni CONNECT, and International Software Group’s Navigator. Kelebihan dari produk-produk ini dibandingkan dengan standard seperti ODBC dan OLEDB adalah performance, yang sangat sulit dimiliki oleh suatu produk yang mengacu pada standar1.



Sumber referensi :

http://richienarchy.blogspot.com/

http://crazywithcow.blogspot.com/

2 komentar:

Woro-woro...
share ilmu, komentar, dan opini kamu
above line....

Kondisi Indonesia sekarang